BASARNAS MENANDATANGANI MOU DENGAN PERTAMINA


PALEMBANG – Badan SAR Nasional sebagai institusi pemerintah di bidang SAR terus menerus melakukan kerjasama dengan stake holder di bidang SAR. Salah satunya dengan Direksi PT Pertamina (Persero) . Kerjasama yang telah dilakukan secara komprehensif itu dipertegas dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU), Kamis (6/10/2011).

Kesepakatan bersama yang berlangsung di PT Pertamina Region II Plaju Palembang itu langsung oleh Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya Daryatmo SIP dan Corporate Senior Vice Preident General Affairs PT Pertamina, Waluyo. Penandatanganan tersebut dihadiri oleh Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI S Widjanarko, Kapolda Sumatera Selatan Kombes Polisi Suyatno, Direktur KPLP DItjen Perhubungan Laut yang diwakili oleh Mukhlis, Wakil Komandan Lantama III Jakarta Kolonel (P) Dedy Muhibah Pribadi, Danlamal Palembang Letkol (P) Berkat, Vice President Marine Shipping Agus Pranoto, Vice President HSSE Joko Susilo, Vice President Pertama EP Joko Susanto, GM RU III Irwan dan tim manajemen, GM Pemasaran BBM Region II Khalid dan tim manajemen, Kepala Divisi Penunjang Operasi BP Migas, tim manajemen Pertamina Pusat, serta unsure Muspida dan Muspika Palembang.

“Tugas yang diampu Basarnas tidak akan berhasil tanpa bantuan dari semua elemen masyarakat baik instansi pemerintah, kalangan swasta, akademisi, dan lembaga masyarakat yang memiliki kualifikasi di bidang SAR. Karena itu, Basarnas terus menerus membuka diri untuk menjalin kerjasama di bidang SAR secara komprehensif dengan semua pihak,” tegas Kabasarnas.

Kabasarnas juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PT Pertamina (Persero) yang telah menginisiasi kerjasama tersebut. Penandatanganan MoU tersebut, merupakan torehan sejarah yang perlu kita catat. Melalui MoU ini, Basarnas telah mengaktualisasikan diri dalam peningkatan kinerja dengan melibatkan para potensi SAR sehingga pada masa mendatang diharapkan kegiatan pencarian dan pertolongan terhadap korban musibah dan bencana dapat terjalin lebih baik lagi dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, khususnya PT Pertamina (Persero).

“Untuk itu, unit kerja di lingkungan Basarnas dan PT Pertamina (Persero) perlu menindaklanjuti dengan berbagai hal yang lebih konkrit seperti pelaksanaan yang lebih nyata,” tegasnya.

Senada juga diungkapkan Waluyo, Corporate Senior Vice Preident General Affairs PT Pertama. “Seperti pesan yang disampaikan oleh Bapak Mukhlis dari Direktur KPLP Ditjen Perhubungan Laut. Bahwa memulai itu sangat mudah. Yang menjadi tantangan kita semua adalah implementasinya ke depan. Kami berharap, kerjasama ini bisa terus menerus dilakukan dan dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat,” tandasnya. Pertama, lanjut Waluyo, juga punya kepentingan terkait pelatihan-pelatihan SAR oleh Basarnas. “Pekerjaan PT Pertamina sangat rentan dengan resiko kecelakaan. Kami tidak pernah mengharapkan terjadinya itu. Namun, hal itu tidak bisa kami hindari, dengan adanya pelatihan ini, kami menjadi lebih siap dalam menghadapi resikonya,” lanjutnya.

Sebelum penandatangan MoU, Kabasarnas didaulat mejadi inspektur upacara pada acara penutupan pelatihan Marine Guard dan pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Tingkat Dasar SAR karyawan PT Pertamina (Persero) Region II Plaju Palembang. Acara tersebut dimeriahkan dengan pameran peralatan SAR dan demo fire fighting.

“Kegiatan menolong merupakan naluri seseorang dan panggilan jiwa kepada sesama. Karena itu, kami yakin dengan penyelenggaraan Diklat SAR ini akan dapat mengasah insting dan kepekaan untuk berbuat kebaikan kepada sesama,” ungkap Kabasarnas.

Pembukaan dan penutupan diklat tersebut ditandai dengan penyematan brivet dan topi oleh Kabasarnas dan Pangdam II Sriwijaya.

Sementara pejabat dari Basarnas yang mendampingi Kabasarnas diantaranya Direktur Diklat dan Pemasyarakatan SAR Brigjen TNI Sumartono, Kasubsie Pelatihan dan Keterampilan Noer Isrodin Muchlisin, Kepala Biro Umum  Agung Prasetyo, Kabag Hukum Budi Purwanto dan Kepala Kantor SAR Palembang Armi Ali.  (ab/humas)



Kategori General Berita .
Penulis : author