Kapal Cepat Fantasy Express 88 Tabrak Kapal Nelayan, 1 Orang dalam Pencarian


Maumere, 01/09/19. Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere menerima laporan dari Suratman, Komandan Pol Air Flores Timur, Sabtu (31/8) pukul 20.00 WITA. Beliau melaporkan bahwa terjadi kecelakaan kapal berupa tabrakan kapal di perairan Adonara Kabupaten Flores Timur. Kronologi kejadian berawal pada hari Sabtu (31/8) siang sekitar pukul 13.00 WITA, Kapal Cepat Fantasy Express 88 berangkat dari Larantuka menuju Waiwarang, Kabupaten Flores Timur mengalami tabrakan dengan body kapal nelayan, 1 orang POB (Passenger On Board) di posisi 8°23’56.96″S – 123° 7’37.77″E dinyatakan hilang pada kejadian tersebut. Adapun identitas korban bernama Sulaiman usia 31 Tahun berprofesi sebagai Nelayan.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere setelah menerima laporan, Sabtu (31/8) malam pukul 20.05 WITA langsung berkoordinasi dengan instansi Potensi SAR di wilayah kerja Kantor SAR Maumere, Seperti LANAL Maumere, DIPOLAIR Polda NTT, Polres Flores Timur, dan BPBD Flores Timur. Pada Hari berikutnya Minggu (1/9) pagi sekitar 05.35 WITA diberangkatkan 5 orang personil Rescuer menggunakan RIB Menuju LKP (Last Known Position) dan tiba pada oukul 09.50 WITA langsung melaksanakan operasi SAR Hari ke II. Unsur Tim SAR gabungan yang melaksanakan operasi dianataranya 1 orang dari Pos AL Flores Timur, 2 orang dari Sat Polair Polres Flores Timur serta 10 perahu motor nelayan sementara Alut yang digunakan RIB Kansar Maumere 1 Unit, Perahu Nelayan 10 Unit dan Peralatan Selam 2 Set.

Kepala kantor Pencarian dan pertolongan Kelas B Maumere, I Putu Sudayana, S.E M.AP selaku SMC (SAR Mission Coordination) mengatakan bahwa “Pencarian Hari Ke - 2 Operasi SAR terhadap tabrakan Kapal Cepat Fantasy Express 88 dengan satu buah kapal nelayan diperairan adonara flores Timur, hari ini dikerahkan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, yaitu: 1 buah RIB dengan 5 orang personil rescuer, 1 buah speed boat dari Polair Flores Timur, 3 buah perahu nelayan dan sudah dikoordinasikan dengan para neyalan setempat".

Selanjutnya ungkap Putu, "Pada pukul 05.35 WITA tadi pagi Tim Rescuer Kanto Pencarian dan Pertolongan Maumere dengan RIB bergerak  menuju ke lokasi kejadian dan saat ini sudah berada di lokasi kejadian melaksanakan pencarian. Kemudian Tim yang sudah ada dilokasi sejak 06.00 WITA, telah melakukan pencarian namun hasil pencarian sampai saat ini masih nihil. Kami terus melakukan koordinasi dengan seluruh Tim atau potensi SAR yang ada di lokasi membantu melaksanakan operasi SAR ini. Apabila ada tanda-tanda korban segera melaporkan dan jika memang berinisiatif membantu kami dengan menggerakkan kapal-kapal tradisional dan lain-lain dipersilahkan namun, tetap melaporkan ke kami selaku SMC sehingga bisa kami koordinir dan bisa kami awasi pergerakannya sesuai rencana operasi yang kami buat”.

Adapun hasil operasi Hari ke - 2 masih nihil dan dilanjutkan operasi hari ke - 3 hari ini, Senin, (02/9) dimulai pukul 06.00 WITA.

 



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Maumere
1 September 11:00 WIB